Selasa, 12 Juli 2011

Aspek Kemukjizatan Alquran

Kita mendapati bahwa mukjizat terbesar (Alquran) yang dibawa Rasulullah Saw, bersifat aqliyah, berbeda dengan kebanyakan mukjizat para Nabi terdahulu yang bersifat hissiyah (Indrawi). Sehingga Keberadaan Islam sebagai syariat akan terus kekal hingga akhir zaman.

Beberapa Aspek Kemukjizatan Alquran :
1. Gaya Bahasa yang berbeda dengan gaya bahasa orang - orang Arab pada umumnya.

2. Kefasihan yang tidak mungkin dimiliki oleh manusia bagaimanapun keadaan mereka.

3. Penyaduran bahasa Arab pada sebuah sisi yang tidak dapat dianggap remeh oleh satupun orang Arab, sehingga mereka menyepakati ketepatan Alquran dalam meletakkan tiap kata dan huruf secara proporsional.

4. Berita tentang hal - hal yang terjadi dari awal penciptaan dunia hingga kehancurannya pada Hari Kiamat.

5. Realisasi janji yang dapat dirasakan lewat indra dengan sangat jelas, realisasi akan setiap hal yang Allah Swt janjikan (QS. Al - Anfal : 65).

6. Berita tentang hal - hal ghaib di masa depan yang tidak seorangpun dapat mengetahuinya kecuali dengan wahyu (QS. AL - Taubah : 33).

7. Alquran memuat berbagai macam ilmu pengetahuan yang merupakan penopang kehidupan seluruh umat manusia, baik yang berhubungan dengan yang halal, haram maupun hukum - hukum lainnya.

8. Kebijakan yang tidak mungkin bersumber dari manusia, baik dalam jumlahnya yang banyak maupun dalam kemuliaannya.

9. Keserasian dalam semua kandungan Alquran, baik yang lahir maupun yang bathin, tanpa ada kontradiksi (QS. An-Nisa : 82).

(Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis; Buku ke - 8 : kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran, hal. 2 - 5)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar