Kamis, 09 Mei 2013

Islam & Pengobatan Aloe Vera


Diriwayatkan dari Nabih bin Wahb, suatu ketika Umar bin abdullah bin Ma'mar mengeluhkan kedua matanya ketika dia sedang ihram. Ia pun hendak mengenakan celak, tetapi Aban bin Usman melarangnya dan memerintahkan untuk membalut kedua matanya dengan Aloe Vera. Lalu dia menceritakan hadis dari Usman yang langsung mendengar dari Nabi Saw bahwa Beliau melakukan hal yang sama. Hadis ini diriwayatkan oleh Muslim.

Dalam riwayat lain , Ummu Salamah r.a. berkata :" Aku menemui Rasulullah Saw ketika Abu Salamah meninggal dunia. Ketika itu aku mengenakan Aloe Vera. Nabi bertanya : "Ini apa Ummu Salamah?", Ummu Salamah menjawab, "Ini hanya Aloe Vera Rasul, tidak ada yang istimewa." Nabi berkata : "Aloe Vera ini dapat meremajakan kulit, jadi kenakanlah pada malam hari dan jangan kamu kenakan pada siang hari." (HR Al-Nasa'i & Abu Dawud).

Aloe Vera atau Lidah Buaya adalah tumbuhan yang termasuk kelas Liliaceae, pertumbuhannya tersebar di Hijaz, Yaman, Oman, Mesir, Negara-negara Khatulistiwa, dan sub Khatulistiwa di Afrika, Peru, Sumatra dll. Aloe Vera telah lama digunakan dalam pengobatan. Orang-orang Yunani, orang Yaman kuno bahkan Ramses juga telah mengenalnya. Kemudian pada awal abad pertengahan orang-orang membawanya ke Eropa.

Beberapa keistimewaan dari Aloe Vera adalah :
- Sebagai makanan pembuka & memperlancar saluran pencernaan.
- Dalam kadar sedang dapat dimanfaatkan sebagai zat pencahar, sedangkan dalam kadar tinggi ( >300 mg), dimanfaatkan sebagai Katartik & Obat peluruh haid.
- Sebagai obat untuk luka bakar, sengatan Lipan, Luka sengatan sinar, radang Otot dan Sembelit, memperkuat hati, membersihkan tubuh dari racun, menyembuhkan penyakit mata, Bronchitis,  gangguan saluran kencing, Infeksi kulit dll.
- Bahan kosmetik untuk kecantikan kulit ( mengandung Glikosida), memanjangkan & memperkuat rambut.
- Dapat menambah stamina.

Banyak ahli-ahli yang telah meneliti khasiat dari Aloe Vera ini, a.l : Maschovsky, Flag (1959), Blits (1963), Gjestad & Riner (1968), Bahkan saat ini pun jika kita melakukan pelacakan makalah ilmiah di internet dengan kata kunci Aloe Vera, maka akan banyak kita dapati ratusan nama situs yang membahas berbagai macam kegunaan Aloe Vera.

Bahan renungan :
Bagaimana Rosulullah Saw tahu bahwa Aloe Vera memiliki banyak manfaat untuk pengobatan? apakah mungkin beliau pernah membaca dan mempelajari dari selain-Nya?, sementara beliau seorang ummi yang tidak bisa membaca dan menulis? Allah Swt berfirman dalam QS Al-Najm [53] ayat 3-4 : "Tidaklah yang diucapkannya itu (Alquran) menurut keinginannya. Tidak lain (Alquran itu) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).
Mahabenar Allah dengan segala firman-Nya.
(Dikutib dari Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran & Hadis, Jilid 6, hal : 257-266)

3 komentar:

  1. Its nice Article
    Salam Antena Tv Bagus Wajanbolic
    http://antenatv-rakitan.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Anapoker Situs Poker, Ceme, Super10, CApsa & Banyak Permainan Kartu lainnya yang Sudah berdiri lama di Indonesia, Mengajak anda untuk bermain di Situs Terpercaya Anapoker

    Daftar Secara Gratis, Deposit tanpa Kena Potongan, Withdraw Dana kemenangan anda Secara cepat, Bukan yang lain Hanya di Anapoker

    Contact Anapoker Sekarang, FREE
    Whatsapp : 0852 2255 5128
    Line ID : agenS1288
    Telegram : agenS128

    Kunjungi Situs Games Online Uang Asli Terpercaya Lainnya :
    link alternatif sbobet

    sbobet alternatif

    login sbobet

    link sbobet

    sabung ayam online

    adu ayam

    casino online

    sabung ayam bangkok

    ayam laga birma

    poker deposit pulsa

    deposit pulsa poker

    deposit pulsa

    deposit pulsa

    deposit pulsa

    BalasHapus